Pengertian Dari Memo Surat


Pengertian Dari Memo Surat



Memo adalah sebuah bentuk surat yang ditulis dengan sangat ringkas, padat dan jelas yang ditujukan untuk seseorang. Biasanya isi Memo langsung menyatakan maksud dari si pengirim Memo, tanpa adanya bagian – bagian isi surat lain seperti, salam pembuka, dan salam penutup.

Memo digunakan sebagai bentuk komunikasi yang berisi arahan, permintaan, atau keterangan tentang sesuatu yang harus dilakukan atau diselesaikan dengan segera. Tour Murah

Berdasarkan penggunaannya, jenis memo ada yang bersifat resmi dan ada yang tidak resmi (bersifat pribadi). Memo bersifat resmi digunakan sebagai surat pernyataan hubungan resmi dari pimpinan kepada bawahannya (memo yang dikeluarkan oleh lembaga, instansi atau organisassi). Memo tidak resmi digunakan sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara, atau orang lain yang mempunyai hubungan akrab (ditujukan untuk orang yang ada atau terlibat dalam organisasi, lembaga atau instansi).

Tujuan dan Fungsi Memo

Tujuan penulisan memo yaitu untuk meminta atau memberikan informasi ataupun petunjuk pada seseorang yang berkompeten.

Fungsi memo yaitu sebagai bentuk komunikasi yang berisi arahan, permintaan, atau keterangan tentang sesuatu yang harus dilakukan atau diselesaikan dengan segera.

Memo merupakan surat yang dibuat khusus untuk keperluan dalam kantor atau organisasi. Memo dapat disampaikan secara horizontal ataupun secara vertikal. Penyampaian secara horizotal adalah penyampaian memo pada pihak yang memiliki jabatan setara, sedangkan penyampaian secara vertikal adalah penyampaian memo dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya untuk mengingatkan atau memerintahkan sesuatu.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Pigmen

Pengertian Ion Dalam Fisika